A. APA PESANTREN MADINATUNNAJAH
Pondok Pesantren Madinatunnajah adalah lembaga pendidikan Islam yang mendidik para santrinya untuk siap memimpin ummat dan bangsa. Madinatunnajah adalah sebuah nama pemberian dari seorang ulama yang berarti ‘’Kota Kesuksesan’’.
Pada tanggal 14 Februari 1997 Pondok Pesantren Madinatunnajah didirikan oleh Almukarrom Drs. KH Mahrus Amin di lahan milik pribadinya seluas 2,5 hektar terletak di Jombang Ciputat Tangerang Selatan. Dan dilakukan peresmiannya oleh Almarhum KH. Shoiman Lukmanul Hakim salah satu Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 20 September 1997.
B. MENGAPA PESANTREN MADINATUNNAJAH
Pendiri Pesantren Drs. KH. Mahrus Amin ketika berada di dalam Ka’bah berdoa agar diberikan kemampuan untuk mendirikan seribu pesantren di Indonesia melalui dua sayap sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan kekuasaan kepada Dzulqarnain. Hal itu sesuai juga dengan apa yang diamanatkan oleh gurunya KH. Imam Zarkasyi (Pendiri Pondok Modern Gontor). Maka setelah sukses mendirikan dan memajukan Pesantren Darunnajah Jakarta, beliau mengembangkan “sayap’’ lainnya yaitu Pesantren Madinatunnajah.
Oleh karena itu, keberadaan Pesantren Madinatunnajah di setiap daerah diharapkan memberi manfaát sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia, dengan memberikan kesempatan belajar kepada anak-anak yatim dan dhuafa sebagai kader-kader daerah.
Proses pendidikan dan dan pengajaran di Pesantren Madinatunnajah berlangsung selama dua puluh empat jam, dengan maksud agar terbentuk karakter kepemimpinan dan Life dan mental Skills pada diri setiap santri. Maka, akan menghasilkan kader-kader pemimpin ummat dan bangsa yang siap membangun daerah asalnya, seperti : Aceh, Medan, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Flores, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sebahagian besar mereka adalah dari kalangan tidak mampu (yatim dan dhu’afa).
C. VISI DAN MISI SERTA MOTO PESANTREN MADINATUNNAJAH
Diilhami oleh sebuah ayat dalam Al-Qurán Surat Thaha ayat 114 ;
رَبِّ زِدْنِى عِـلْمًا
Artinya : “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”
Maka Visi Pesantren Madinatunnajah adalah “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.
Adapun Misi Pesantren Madinatunnajah adalah :
- Mendidik Kader-Kader Pemimpin Ummat dan Bangsa yang beriman dan Taqwa, Berakhlak Mulia, Cerdas, Rajin, Terampil dan Ulet.
- Menyelenggarakan seribu Pesantren Madinatunnajah di seluruh Nusantara.
- Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga-lembaga baik dalam dan luar negeri untuk memajukan pendidikan dan usaha dakwah Islamiyah.
Sedangkan Motto Pesantren Madinatunnajah adalah : Berakhlak Mulia, Berwawasan Cendekia dan Berbudaya Madania.
Sikap Pesantren Madinatunnajah yaitu “Berdiri di atas dan Untuk Semua Golongan”.
C. JENJANG PENDIDIKAN
Pesantren Madinatunnajah menyelenggarakan program pendidikan yang berjenjang mulai dari pendidikan pra sekolah sampai ke pendidikan tinggi, yaitu :
- Taman Pendidikan Al-Qurán
- Raudhatul Athfal / Taman Kanak-Kanak
- Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar
- Madrasah Tahfizh Al Qu’ran
- Tarbiyatu al-Muállimin wa al-Muállimat al-Islamiyyah yaitu setingkat dengan MTs /SLTP dan MA/SLTA
- Ma’had ‘Aly/Perguruan Tinggi
Kurikulum yang digunakan adalah perpaduan antara kurikulum pendidikan pesantren dengan kurikulum pemerintah (Kementerian Agama). Sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Karena para santrinya dibekali dengan kemampuan berbahasa Arab maupun Inggris secara aktif.
D. JUMLAH SANTRI DAN GURU
No |
Tingkat Pendidikan |
Santri |
Guru |
Jumlah |
||
Pa |
Pi |
Pa |
Pi |
|||
1 |
Taman Pendidikan Al-Qur’an |
64 |
52 |
– |
10 |
126 |
2 |
Raudhatul Athfal |
35 |
38 |
– |
8 |
81 |
3 |
Madrasah Ibtidaiyah |
117 |
98 |
9 |
11 |
235 |
4 |
Madrasah Tsanawiyah |
103 |
97 |
16 |
7 |
223 |
5 |
Madrasah Aliyah |
64 |
45 |
15 |
8 |
132 |
6 |
Ma’had Aly |
42 |
16 |
10 |
– |
68 |
JUMLAH |
425 |
346 |
50 |
44 |
865 |
E. KEGIATAN PENUNJANG BELAJAR
Untuk melengkapi kemampuan santri ketika kembali ke tengah-tengah masyarakatnya, mereka dibekali dengan kegiatan keterampilan-keterampilan dasar yang kelak berguna dan dibutuhkan di masyarakat. Adapun kegiatan-kegiatan itu adalah :
- Pramuka
- Muhadharah (Latihan Pidato) dalam 3 bahasa
- Klub Olahraga (Sepak Bola, Futsal, Basket, Voli, Tenis Meja, dll)
- Sanggar Seni (Marawis, Nasyid, Teater, Tari Daerah)
- MADU (Madinatunnajah Against Drugs)
- Organisasi Santri Madinatunnajah (OSMN)
- Organisasi Gerakan Pramuka Madinatunnajah (GPMN)
- Klub Bahasa
- Amaliyah Tadris (Praktik Mengajar)
- Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)
- Fathu al-Kutub (Kitab Kuning)
- Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka
- Outbond Santri
- Keterampilan (Menyulam, Tata Boga, Kaligrafi)
- Keterampilan wirausaha (Koperasi)
F. KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PESANTREN
Sarana dan pra-sarana untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pembinaan santri di Pondok Pesantren Madinatunnajah, yaitu :
- Masjid
- Asrama santri putra 3 unit dan asrama santri putri 2 unit
- Kantor 2 unit
- Ruang Belajar 20 unit
- Sarana Olaharga
- Asrama Guru
- Laboratorium Komputer
- Laboratorium Bahasa
- Laboratorium IPA
- Koperasi Pesantren dan Kantin Santri
- Perpustakaan
Keberadaan sarana dan pra-sarana tersebut di atas apabila dibandingkan dengan jumlah santri dan tenaga pendidikan masih belum mencukupi, terutama asrama santri dan ruang belajar.
G. KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL
Sebagai lembaga sosial keagaamaan, Pondok Pesantren Madinatunnajah juga mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat desa Jombang dan sekitarnya, seperti khitanan masal, pemeriksaan kesehatan umum gratis, majlis taklim PESAN ULAMA (Pengajian dan Silaturrohim Awal Bulan bersama Ulama), ECO-Pesantren serta kegiatan-kegiatan sosial keagamaan lainnya.
H. PENUTUP
Demikian sekilas profil Pondok Pesantren Madinatunnajah, Jl. Jombang-BSD No. 97, Rawalele Ciputat Tangerang Selatan Provinsi Banten, untuk diketahui dan didukung usaha ini demi mencerdaskan dan memuliakan anak-anak bangsa.
Madinatunnajah, Agustus 2011
VIDEO PROFIL MADINATUNNAJAH
Leave a comment