PROFIL

A.      APA PESANTREN MADINATUNNAJAH

Pondok Pesantren Madinatunnajah adalah lembaga pendidikan Islam yang mendidik para santrinya untuk  siap memimpin ummat dan bangsa. Madinatunnajah  adalah sebuah nama pemberian dari  seorang ulama yang berarti ‘’Kota Kesuksesan’’.

Pada tanggal 14 Februari 1997 Pondok Pesantren Madinatunnajah didirikan oleh  Almukarrom Drs. KH Mahrus Amin di lahan milik pribadinya seluas  2,5 hektar terletak di Jombang Ciputat Tangerang Selatan. Dan dilakukan peresmiannya oleh Almarhum KH. Shoiman Lukmanul Hakim salah satu Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 20 September 1997.

KH. M. Agus Abdul Ghofur, M.Pd ; KH. Shoiman Lukmanul Hakim dan Drs. KH. Mahrus Amin

KH. M. Agus Abdul Ghofur, M.Pd ; KH. Shoiman Lukmanul Hakim dan Drs. KH. Mahrus Amin

B.     MENGAPA PESANTREN MADINATUNNAJAH

Pendiri Pesantren Drs. KH. Mahrus  Amin ketika berada di dalam Ka’bah berdoa agar diberikan kemampuan untuk  mendirikan seribu pesantren di Indonesia melalui dua sayap sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan kekuasaan kepada Dzulqarnain. Hal itu sesuai juga dengan apa yang  diamanatkan  oleh gurunya KH. Imam Zarkasyi (Pendiri Pondok Modern Gontor). Maka setelah sukses mendirikan dan memajukan Pesantren Darunnajah Jakarta, beliau mengembangkan “sayap’’ lainnya yaitu Pesantren Madinatunnajah.

Oleh karena itu, keberadaan Pesantren Madinatunnajah di setiap daerah diharapkan memberi manfaát sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia, dengan memberikan kesempatan belajar kepada anak-anak yatim dan dhuafa sebagai kader-kader daerah.

Proses pendidikan dan dan pengajaran di Pesantren Madinatunnajah berlangsung selama dua puluh empat jam, dengan maksud agar terbentuk karakter kepemimpinan dan Life dan mental Skills pada diri setiap santri. Maka, akan menghasilkan kader-kader pemimpin ummat dan bangsa yang siap membangun daerah asalnya, seperti : Aceh, Medan, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Flores, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sebahagian besar mereka adalah dari kalangan tidak mampu (yatim dan dhu’afa).

C.     VISI DAN MISI SERTA MOTO PESANTREN MADINATUNNAJAH

Diilhami oleh sebuah ayat dalam Al-Qurán Surat Thaha ayat 114 ;

رَبِّ زِدْنِى عِـلْمًا

Artinya : “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”

Maka Visi Pesantren Madinatunnajah adalah “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.

Adapun Misi Pesantren Madinatunnajah adalah :

  1. Mendidik Kader-Kader Pemimpin Ummat dan Bangsa yang beriman dan Taqwa, Berakhlak Mulia, Cerdas, Rajin, Terampil dan Ulet.
  2. Menyelenggarakan seribu Pesantren Madinatunnajah di seluruh Nusantara.
  3. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga-lembaga baik dalam dan luar negeri untuk memajukan pendidikan dan usaha dakwah Islamiyah.

Sedangkan Motto Pesantren Madinatunnajah adalah : Berakhlak Mulia, Berwawasan Cendekia dan Berbudaya Madania.

Sikap Pesantren Madinatunnajah yaitu “Berdiri di atas dan Untuk Semua Golongan”.

 

C.  JENJANG PENDIDIKAN

Pesantren Madinatunnajah menyelenggarakan program pendidikan yang berjenjang mulai dari pendidikan pra sekolah sampai ke pendidikan tinggi, yaitu :

  1. Taman Pendidikan Al-Qurán
  2. Raudhatul Athfal / Taman Kanak-Kanak
  3. Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar
  4. Madrasah Tahfizh Al Qu’ran
  5. Tarbiyatu al-Muállimin wa al-Muállimat al-Islamiyyah yaitu setingkat dengan MTs /SLTP dan MA/SLTA
  6. Ma’had ‘Aly/Perguruan Tinggi

Kurikulum yang digunakan adalah perpaduan antara kurikulum pendidikan pesantren dengan kurikulum pemerintah (Kementerian Agama). Sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Karena para santrinya dibekali dengan kemampuan berbahasa  Arab maupun Inggris secara aktif.

 D.      JUMLAH SANTRI DAN GURU

No

Tingkat Pendidikan

Santri

Guru

Jumlah

Pa

Pi

Pa

Pi

1

Taman Pendidikan Al-Qur’an

64

52

10

126

2

Raudhatul Athfal

35

38

8

81

3

Madrasah Ibtidaiyah

117

98

9

11

235

4

Madrasah Tsanawiyah

103

97

16

7

223

5

Madrasah Aliyah

64

45

15

8

132

6

Ma’had Aly

42

16

10

68

JUMLAH

425

346

50

44

865

E.     KEGIATAN PENUNJANG BELAJAR

      Untuk  melengkapi kemampuan santri ketika kembali ke tengah-tengah masyarakatnya, mereka dibekali dengan kegiatan keterampilan-keterampilan dasar yang kelak berguna dan dibutuhkan di masyarakat. Adapun kegiatan-kegiatan itu adalah :

  1. Pramuka
  2. Muhadharah (Latihan Pidato) dalam 3 bahasa
  3. Klub Olahraga (Sepak Bola, Futsal, Basket, Voli, Tenis Meja, dll)
  4. Sanggar Seni (Marawis, Nasyid, Teater, Tari Daerah)
  5. MADU (Madinatunnajah Against Drugs)
  6. Organisasi Santri Madinatunnajah (OSMN)
  7. Organisasi Gerakan Pramuka Madinatunnajah (GPMN)
  8. Klub Bahasa
  9. Amaliyah Tadris (Praktik Mengajar)
  10. Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)
  11. Fathu al-Kutub (Kitab Kuning)
  12. Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka
  13. Outbond Santri
  14. Keterampilan (Menyulam, Tata Boga, Kaligrafi)
  15. Keterampilan wirausaha (Koperasi)

 

F.  KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PESANTREN

Sarana dan pra-sarana untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pembinaan santri di Pondok Pesantren Madinatunnajah, yaitu :

  1. Masjid
  2. Asrama santri putra 3 unit dan asrama santri putri 2 unit
  3. Kantor 2 unit
  4. Ruang Belajar 20 unit
  5. Sarana Olaharga
  6. Asrama Guru
  7. Laboratorium Komputer
  8. Laboratorium Bahasa
  9. Laboratorium IPA
  10. Koperasi Pesantren dan Kantin Santri
  11. Perpustakaan

Keberadaan sarana dan pra-sarana tersebut di atas apabila dibandingkan dengan jumlah santri dan tenaga pendidikan masih belum mencukupi, terutama asrama santri dan ruang belajar.

 

 G.   KEGIATAN-KEGIATAN SOSIAL

Sebagai lembaga sosial keagaamaan, Pondok Pesantren Madinatunnajah juga mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat desa Jombang dan sekitarnya, seperti khitanan masal, pemeriksaan kesehatan umum gratis, majlis taklim PESAN ULAMA (Pengajian dan Silaturrohim Awal Bulan bersama Ulama), ECO-Pesantren serta kegiatan-kegiatan sosial keagamaan lainnya.

PESAN ULAMA (Pengajian dan SIlaturrohim Awal Bulan Bersama Ulama) diadakah pada hari AHad setiap Awal Bulan

PESAN ULAMA (Pengajian dan SIlaturrohim Awal Bulan Bersama Ulama) diadakah pada hari AHad setiap Awal Bulan

H.  PENUTUP

Demikian sekilas profil Pondok Pesantren Madinatunnajah, Jl. Jombang-BSD No. 97, Rawalele Ciputat Tangerang Selatan Provinsi Banten, untuk diketahui dan didukung usaha ini demi mencerdaskan dan memuliakan anak-anak bangsa.

Madinatunnajah,  Agustus 2011


VIDEO PROFIL MADINATUNNAJAH

Leave a comment